Senin, 14 November 2011

Game Edukasi


Match Game




Match Game adalah program permainan untuk anak-anak yang dibuat untuk melatih dan menambah kosa kata bahasa Inggris mereka. Disamping menampilkan gambar dan tulisan dari setiap gambar tersebut, juga disertai dengan suara (spelling) sehingga anak-anak sekaligus mengetahui cara pengucapan kata tersebut secara tepat. Program permainan (game) yang dibuat dengan format flash (swf) ini telah dicompile dalam file CHM yang langsung bisa dibuka dan dijalankan dalam komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Tersedia tidak kurang dari 15 kelompok kosakata yang masing-masing terdiri dari 12 flash card (kartu kata) yang menampilkan gambar dan tulisan sebuah kosakata. Setiap kartu memiliki pasangan yang sama isinya. Setiap kali sebuah kartu diklik, maka ia akan terbuka untuk memperlihatkan gambar dan tulisan kosakata sekaligus memperdengarkan bunyi bacaan (spelling) dari kata tersebut. Tugas kita adalah mengklik pasangan kartu yang sama secara berurutan sehingga seluruh kartu kata tersebut terbuka.



DOWNLOAD DI SINI

Angry Birds for PC



Game Angry Birds merupakan suatu game yang fenomenal menjadi game terlaris baik di iPhone (iOS) maupun smartphone Android dan Symbian. Angry Birds juga telah berhasil mencatat kesuksesan yang cukup luar biasa dengan tampil sebagai game yang di-download dalam jumlah yang cukup besar dan dalam waktu yang singkat mencapai tingkat popularitas yang tinggi di setiap application store.

Angry Birds sendiri merupakan game puzzle untuk smartphone yang dikembangkan oleh RovioMobile. Di dalam game ini kita ditantang untuk memecahkan puzzle dengan menghancurkan bangunan tempat bersembunyinya para babi hijau dengan menggunakan keluarga burung yang memiliki berbagai spesialisasi dan fungsi. Cukup menarik dan menantang untuk menghibur anak-anak anda.

Bila ingin mencoba memainkan game ini namun tidak memiliki platform iOS, Android, atau Symbian pada smartphone, sekarang Angry Birds sudah tersedia untuk Netbook/Laptop dan PC berbasis sistem operasi Windows XP dan Windows 7. Angry Birds untuk platform PC desktop mencakup 195 level.

DOWNLOAD ANGRY BIRDS

National Geographic Challenge!

National Geographic Challenge adalah permainan yang sangat menghibur cocok bagi seluruh keluarga, dan juga ideal untuk teman-teman yang ingin bermain sambil belajar yang akan membawa pemain untuk sebuah petualangan fantastis penemuan dunia. Tujuan dari setiap permainan adalah menaklukkan sebanyak mungkin wilayah mungkin, mengalahkan lawan Anda dengan memberikan jawaban yang benar untuk menuju dominasi dunia!.

Permainan menggabungkan format kuis dengan arsip National Geographic yang sarat dengan gambar dan materi pengetahuan yang menghasilkan sebuah videogame yang unik dan menyenangkan! Tidak perlu menjadi ahli dalam rangka menghadapi setiap tantangan, yang diperlukan adalah kecepatan, keterampilan visual dan banyak ..... intuisi!

National Geographic Challenge memungkinkan para pemain untuk mengeksplorasi planet kita melalui sejarah dan geografi, memulai sebuah perjalanan melalui dunia yang berbeda dan semua benua yang luas dan menyaksikan umat manusia. Karya-karya Michelangelo, rahasia kaisar Nero, petualangan Kaisar besar, misteri tentang sejarah Charlemagne, keanehan kehidupan hewan dan keingintahuan geografis paling aneh yang terkandung dalam "National Geographic Challenge!" akan memuaskan dahaga Anda untuk pengetahuan!

Permainan berisi 60 menit video definisi tinggi, game mini menghibur, 4.000 pertanyaan yang berbeda dan gambar resolusi tinggi yang memungkinkan Anda untuk menemukan dunia dalam segala keindahan.

National Geographic Challenge memiliki berbagai mode permainan yang membuatnya cocok untuk semua orang muda dan tua, Single Player, Multiplayer Quiz, Teka-teki yang kompetitif antara dua pemain, Classic Puzzle dan permainan teka-teki tradisional. Dalam modus Explorer, hingga empat pemain bisa berkompetisi untuk memenangkan Negara Bumi dengan menjawab pertanyaan, menantang diri mereka sendiri untuk memecahkan teka-teki berdasarkan game mini-dan menggunakan taktik permainan yang berbeda untuk menakut-nakuti lawan.



LINK DOWNLOAD (pilih salah satu server, download setiap part atau bagian, kemudian ekstrak file bagian pertama):

Fileserve:
part1|part2|part3|part4|part5|part6|part7|part8|part9|part10|part11
Filesonic:
part1|part2|part3|part4|part5|part6|part7|part8|part9|part10|part11
Uploading:
part1|part2|part3|part4|part5|part6|part7|part8|part9|part10|part11
Uploadstation:
part1|part2|part3|part4|part5|part6|part7|part8|part9|part10|part11

The Towers of Hanoi



Tujuan dari permainan ini adalah memindahkan susunan gelang dari tiang semula ke tiang yang lainnya. Mudah? Tidak semudah itu, karena ada satu syarat yang harus dipenuhi yaitu susunan gelang harus mengikuti aturan bahwa gelang yang lebih besar terletak di bawah gelang yang lebih kecil. Dari sinilah problem yang rumit dimulai dan otomatis menuntut pemainnya untuk berpikir. Karenanya, permainan ini cocok untuk mengasah otak dan logika anak-anak.

LINK DOWNLOAD ADA DI SINI

Juggle Mania



Pernah nonton orang yang memainkan sejumlah bola dengan kelincahan tangan dan (tentu juga) penglihatannya? Dia melemparkan satu demi satu bola melambung ke atas kemudian menangkap dan melemparkannya kembali. Bola yang sebanyak itu bergantian melambung dan ditangkap satu demi satu nyaris bersamaan, tanpa ada satu pun yang terjatuh ke tanah. Hal tersebut tentunya membutuhkan latihan yang tekun dan lama.

Jika anda atau anak anda ingin merasakan betapa sulitnya menguasai keterampilan seperti itu, tapi tidak ingin repot menyediakan tempat khusus dan bola-bola; cobalah memainkan game ini. Ada beberapa level yang disediakan, mulai dari memainkan tiga, empat, lima, enam sampai tujuh buah bola. Makin banyak bolanya, tentunya makin sukar. Mula-mula mungkin terasa sukar, tapi lama-kelamaan makin mengasyikkan. Asal jangan sampai lupa waktu. Karena namanya game atau permainan tentunya adalah hal yang mubah asal digunakan sesekali sebagai selingan.

Tapi untuk anak-anak, kalau tepat waktu dan tepat sasaran, tentunya bisa menjadi media pendidikan. Karena dunia anak-anak adalah dunia bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain.

LINK DOWNLOAD ADA DI SINI

Hide & Seek



Hide & Seek (Sembunyi dan Intai). Tujuan dari permainan ini adalah mengeluarkan bola kuning melalui pintu berwarna biru yang ada di pinggir kanan. Untuk menggerakkan bola kuning tersebut, cukup dengan menggunakan tombol panah pada keyboard, baik ke arah atas, bawah, ke kiri dan ke kanan. Lho, mudah banget?! Tidak sampai di situ. Setiap kali anda menggerakkan bola kuning, di ujung sana ada juga bola putih yang ikut pula bergerak menyesuaikan dengan gerakan bola kuning anda. Masalahnya, anda akan dianggap kalah bila berpapasan dan bertabrakan dengan bola putih. Tertarik? Coba kalau berani! Setiap kali anda berhasil lolos mencapai pintu biru, peta permainan akan berubah untuk menguji kemampuan anda lebih lanjut. Sederhana tapi cukup membuat anak anda berpikir dan mencari jalan keluar. Lumayan untuk melatih daya nalar mereka.

Download di sini!

Add It Up



Game yang satu ini, sesuai dengan namanya, tidak ragu lagi bisa melatih kecepatan berhitung (penjumlahan) bagi anak-anak sekolah dasar kelas-kelas awal. Di panel sebelah kanan terdapat kotak yang menampilkan sebuah angka secara acak. Kita diminta mengklik angka-angka yang terdapat dalam kotak-kotak kecil sehingga jumlahnya sama dengan angka acak tadi. Bila sama, maka angka-angka yang dklik tadi akan hilang dan kotaknya kosong. Begitu seterusnya hingga seluruh kotak angka sudah terklik.

Pingpong



Pingpong. Siapa sih yang belum pernah memainkan olahraga permainan ini? Ternyata tanpa meja pingpong dan peralatan lainnya pun anda bisa memainkannya. Tentu saja secara virtual di depan komputer. Tapi jangan kelamaan, karena tidak seperti olahraga pingpong sungguhan, bisa-bisa malah tidak menyehatkan. Untuk anak-anak dapat menjadi hiburan selingan yang bisa melatih daya imajinasi mereka.

The Cat Got the Cream



The Cat Got the Cream atau bila diindonesiakan "Kucing Mendapat Krim", nama game yang cukup panjang ini adalah game "puzzle" yang sangat menarik dan menantang bagi anak-anak. Terdiri dari beberapa level, game ini memunculkan secara acak kotak-kotak alur yang merupakan jalan bagi sang kucing untuk mencari dan mendapatkan botol susu. Dengan tingkat kesulitan dan kerumitan yang meningkat dari level ke level, kita diminta mencarikan jalan bagi si kucing untuk menuju ke arah es krim tersebut dengan cara menekan tombol panah keyboard ke empat arah: atas, bawah, kiri atau kanan. Begitu sang kucing mendapatkan botol susu, level segera beralih ke tingkat yang lebih sulit dengan jalan-jalan yang makin rumit dan berliku.

Yellow Out



Permainan ini sangat bagus untuk melatih kemampuan nalar anak-anak. Di sini anda diminta untuk mengeluarkan mobil berwarna kuning lewat sebuah pintu di depannya, dengan cara memindahkan atau menggeser (maju atau mundur) sejumlah mobil yang saling menghalangi satu sama lain. Meski terlihat sangat sukar, tapi selalu saja ada jalan keluar. Jadi game ini sekaligus melatih anak-anak agar tidak gampang menyerah dan putus asa. Silakan dicoba!

Game ini bisa didapatkan dalam CD Media Pendidikan Alternatif atau download di sini.

12Many



Lagi-lagi game ini melatih konsentrasi, kejelian dan ketajaman penglihatan. Anda diminta untuk menghitung ada berapa banyak "bintang" (digambarkan sebagai bintik putih yang bergerak dalam latar belakang hitam gelap) yang ditampilkan secara sekilas. Jumlah bintang yang muncul sekilas tersebut berkisar dari satu hingga dua belas bintang. Jika anda berhasil menebak, maka level anda akan meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah bintang dan kecepatan bergeraknya. Boleh dicoba!

Cannon War



Game ini bisa dimainkan oleh dua orang dan bisa pula oleh satu orang melawan komputer. Anda bergantian mengarahkan bidikan cannon (alias meriam model kuno) anda ke arah meriam lawan. Arahnya harus diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikannya dengan arah dan kecepatan angin yang senantiasa berubah-ubah. Jadi di sini, logika dan kepekaan perasaan anak anda akan dilatih untuk membidik sasaran dengan tepat. Cukup menarik!

Coconut Curumba



Permainan ini cocok untuk melatih ketelitian dan ketajaman penglihatan anak-anak. Tiga buah potongan separuh tempurung kelapa diletakkan berjajar dalam posisi telungkup. Sebutir batu kemudian diletakkan dalam tempurung kelapang paling kiri. Kemudian ketiga tempurung kelapa tersebut diubah-ubah posisinya secara acak lalu kita disuruh menunjuk (dengan klik mouse) dalam tempurung mana sekarang batu tersebut terdapat. Makin tinggi level yang kita raih, makin cepat gerakan perubahan posisi ketiga tempurung tersebut yang tentunya menambah tingkat kesulitan.

Aneka Games Sudoku

Siapa yang belum mengetahui cara bermain Sudoku? Sudoku dimainkan dalam 9x9 kotak yang dibagi dalam 3x3 kotak kecil (sel) yang disebut "area". Area Sudoku dimulai dengan beberapa sel yang sudah terisi dengan angka. Tujuan permainan Sudoku adalah mengisi sel-sel yang kosong dengan angka antara 1 dan 9 (setiak sel hanya 1 angka) dengan ketentuan: sebuah angka harus muncul hanya sekali di setiap baris, kolom, dan area.

Ada banyak games Sudoku yang bisa dimainkan di komputer anda. Berikut diantaranya:

1) Sudoku Generator



2) Sudoku Portable



3) Dracosoft's Sudoku



4) Sudoku Deluxe



Tinggal pilih mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Yang penting jangan sampai lupa waktu. Cukup sebagai selingan. Tapi bila untuk anak-anak kayaknya sangat perlu dan bermanfaat untuk melatih kemampuan logika mereka.

Congklak



Barangkali tidak begitu banyak orang yang mengetahui permainan tradisional dari Indonesia yang satu ini, utamanya bagi anak-anak di zaman sekarang. Sayang sekali kalau permainan ini sampai dilupakan orang. Diharapkan dengan adanya versi virtual (baca: software) dari permainan congklak ini bisa mengobati kerinduan sebagian orang terhadap permainan yang satu ini. Permainan yang biasanya dimainkan oleh sejumlah orang dan membutuhkan alat khusus dari kayu ini kini bisa anda coba jajal lewat software game buatan orang Indonesia ini. Mari mencintai produk dalam negeri! :)

DOWNLOAD DI SINI

 

1 komentar: